Peluang Bisnis Mahasiswa, Saatnya Kaum Muda Yang Berkarya

Written by Gunas on July 1, 2020 in Bagaimana menangani Covid dengan tepat with no comments.

Kata Hendra dibalik usaha yang dilakukan Cika pasti akan membuakan hasil dan jika kita punya kreatifitas jangan di simpan saja dalam otak tapi di realisasikan agar dapat berguna bagi diri kita dan orang di sekitar kita. Guna mengetahui respon dari pelanggan, Ubpa dan tim mengambil strategi untuk menyebar kuesioner kepada pelanggan yang membeli, sehingga Ubpa dan tim dapat memperbaiki kualitas produk berdasarkan masukan dari pelanggan. Ubpa mengaku kini MIHAGO masih sebatas mi basah yang dijual dalam bentuk mi goreng. Ubpa berharap kedepannya dapat membuat inovasi mi kering dengan berbagai varian rasa dan memiliki outlet.

Bisnis bagi mahasiswa bukan hanya menambah uang saku, tetapi sebagai modal dan pengalaman yang dapat dijadikan pilihan setelah lulus kuliah. Dengan berbisnis, mahasiswa tak lagi dipusingkan dengan urusan keuangan sebelum lulus dan tidak akan pusing mencari-cari pekerjaan setelah lulus. Ada beberapa bisnis yang bisa dijalankan mahasiswa yang sesuai dengan minat, bakat, dan keterampilan. Dilansir dari QS World University Rankings 2019 berikut ini adalah prime 10 universitas terbaik di dunia untuk fakultas bisnis dan manajemen yang menjadi ‘induk’ dari jurusan kewirausahaan yang patut Anda ketahui.

Tunjangan Bahasa Inggris juga menggali kemampuan berbahasa kami karena selain talking ada juga kelas materi seperti tips&trik TOEFL. Dari kegiatan sosial kami bisa lebih dekat dengan masyarakat seperti petani dan meningkatkan kemampuan public speaking” ujar Ubpa. Pengusaha yang baik bukan hanya mengejar margin, tetapi harus melihat dari segi manfaat apakah bisnis kita memberikan manfaat untuk orang lain. “ Sukses itu buka karena hasil akhirnya menjadi milyarder melainkan sukses itu bisa bangkit dari kegagalan dan memberikan manfaat bagi orang lain,” pungkasnya. Tidak sedikit pengusaha-pengusaha sukses yang kita tahu mulai merintis bisnisnya saat usia muda, bahkan saat mereka duduk di bangku kuliah, seperti Mark Zuckerberg, Bill Gates, dan Larry Page. meskipun ada catatan dari mereka yang tidak lulus menjadi sarjana.

Mahasiswa juga bisa menjadi pengusaha

” Lalu ia menjawab, ”Saya percaya dengan statistik di bawah 10%, maka untuk sukses usaha, Anda harus siap untuk setidaknya berpeluang 9 kali gagal sebelum mungkin mendapatkan 1 keberhasilan”. Itu bukan ’gagal’, melainkan ’belum berhasil’ dan menurut Abraham Lincoln ”Itu Cuma terpeleset dan aku bukan jatuh”. Bagi anda yang memiliki keterampilan/keahlian segera buka kantor sendiri. Anda bisa mengajak kolega atau teman seprofesi untuk patungan modal dan membuka kantor tersebut.

Jangan malu-malu untuk menambah teman dan meminta bantuan padanya. Jika dia tak mungkin memberi bantuan secara cuma-cuma, buatlah kesepakatan yang bisa menguntungkanmu dan dia. Carilah seorang mentor yang bisa memberimu masukan dan saran tentang usahamu.

Sebab banyak orang yang memiliki hewan peliharaan, tetapi tidak mempunyai waktu untuk merawatnya. Bisnis ini cocok dijalankan di space yang cukup luas karena akan ada banyak hewan yang ditangani. Sebaiknya, berdayakan karyawan untuk membangun bisnis ini agar menjadi lebih besar.

“Setelah ujian skripsi S1, ada lowongan untuk menjadi dosen English for Specific Purposes di salah satu kampus swasta di Malang, saya mencoba mendaftar lalu di terima. Di sana saya mengajar mata kuliah Bahasa Inggris untuk mahasiswa di berbagai jurusan dan berkantor di LC . Setelah itu, saya melanjutkan pendidikan S2 dan menjadi dosen di Universitas PGRI Kanjuruhan Malang yang kemudian melanjutkan program doktor di UNSW,” terangnya. Bahlil berharap angkatan kerja baru tidak hanya memilih jalur menjadi karyawan atau pekerja di korporasi, tapi juga sebagai pengusaha.

Kini, 44 tahun kemudian, dipercaya oleh Bapak Presiden untuk mengemban amanah menjadi Kepala BKPM. Tidak ada keberhasilan tanpa perjuangan,” jelas Bahlil. Dalam keterbatasan fisik, ketika kuliah ia harus mendaki empat lantai gedung kampus guna mengikuti praktik laboratorium. Dari atas kursi roda ia harus bersaing dengan ribuan pendaftar yang melamar di GE Indonesia.

Comments are closed.