Period Revolusi Industri Four 0, Menristekdikti Dorong Mahasiswa Jadi Pengusaha

Written by Gunas on July 2, 2020 in Bagaimana menangani Covid dengan tepat with no comments.

Tak hanya kegigihan, keuletan, dan kerja keras semata yang dibutuhkan kalangan mahasiswa untuk bisa sukses merintis usahanya. Diperlukan pula daya kreativitas yang tinggi, jaringan bisnis yang luas, serta ardour yang kuat, agar anak-anak muda ini bisa berhasil menjadi bintang di bidang usaha yang mereka geluti. Bahkan, kini sederet pengusaha muda Indonesia tak hanya berhasil menjadi bintang bisnis di negaranya, namun mereka telah berhasil menembus pasar mancanegara dan mengharumkan nama Indonesia di pentas dunia. Cara menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa selalu diartikan dengan membuka usaha, atau jualan tertentu saja. Padahal untuk membuka usaha dan produk itu sendiri membutuhkan modal.

Aset perusahannya mencapai triliunan rupiah yang bergerak dalam berbagai bidang. Hal demikian diharapkan bisa diikuti mahasiswa lain, khusunya Undiksha. “Dengan semakin banyak pengusaha sukses, berkontribusi pada pembangunan daya saing bangsa,” ucapnya. Usaha yang diciptakan diharapkan bisa berbasis teknologi untuk meningkatkan daya saing di period revolusi industri 4.0.

Melainkan diajarkan berfikir kritis, mencari permasalahan terlebih dahulu, untuk kemudian dianalisis bagaimana penyelesaiannya dengan sebuah produk. Dengan demikian, startup baru ini tidak akan kesulitan dalam menentukan pasar. “Tidak mungkin seluruhnya akan terserap lewat penerimaan PNS , BUMN , TNI, maupun Polri. Karena itu, timbul satu konsep dasar bahwa untuk menciptakan lapangan pekerjaan tersebut harus melalui sektor swasta,” katanya. Musababnya, hingga Oktober 2020, BKPM mencatat jumlah pengangguran terus bertambah hingga diperkirakan mencapai sekitar 15 juta orang. Angka itu berasal dari tujuh juta orang Indonesia yang sedang mencari pekerjaan, 2,5 juta angkatan kerja yang muncul tiap tahun, dan 3,5-5 juta orang yang terkena PHK selama pandemi.

Jelajahi internet, majalah, buku, tersesat di kota atau negara asing, pameran dll. bisnis pasar swalayan Bob berkembang pesat, merambah ke agribisnis, khususnya holtikutura, mengelola kebun-kebun sayur mayur untuk konsumsi orang asing di Indonesia. Karena itu ia juga menjalin kerjasama dengan para petani di beberapa daerah. Kreativitas tinggi harus dimiliki setiap individu dalam bidang yang digeluti tak terkecuali dalam dunia wirausaha.

Mahasiswa juga bisa menjadi pengusaha

Saat ini dari total karyawan, sekitar 40 persennya adalah mantan siswanya yang setelah lulus langsung bergabung. Bahkan siswanya yang semangat berwirausaha, ada juga yang menjadi rekanan perusahaan Ipung. Mendapati kondisi tersebut guru memiliki andil besar untuk turut menumbuhkan jiwa wirausaha pada anak didiknya sejak usia dini. Guru yang berwirausaha tentu tidak melupakan dedikasinya sebagai seorang pendidik, begitupun mahasiswa pendidikan guru yang senang berwirausaha tak dapat dilabeli bahwa mereka tidak berniat mengabdi sebagai guru.

Bagi anda yang memiliki modal besar, tapi tidak mau repot untuk memikirikan sesuatu usaha yang baru, alternatif waralaba dapat dipilih. Waralaba adala jenis usaha yang relatif terstandartisasi dengan baik. Memang butuh kejelian yang tinggi untuk menilai waralaba mana yang bagus dan cocok untuk Anda. Saran saya, carilah usaha waralaba yang memiliki track report yang baik dan sudah teruji di lapangan. Kini semakin banyak bermunculan waralaba, dari yang membutuhkan modal besar hingga yang membutuhkan modal kecil. Selain mengukuhkan pengurus HIPMI PT IIK Strada Indonesia Kediri, BPC HIPMI Kota Kediri juga mengadakan seminar kepada 300 orang mahasiswa.

Comments are closed.