Rahasia Dan Cara Mengatur Keuangan Pribadi Agar Hidup Mapan

Written by Gunas on April 14, 2021 in LIP with no comments.

Kalau sudah terbiasa sejak awal, maka tidak akan terlalu sulit,” tukas Ambi. Percuma ngomong investasi kalau tidak ada dana darurat,” lanjutnya. Di luar kebutuhan Hari Raya, banyak responden memilih memanfaatkan THR Lebaran 2021 untuk dana simpanan. Menurut dia, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kembali menata keuangan setelah Lebaran. Langkah tersebut dianggap penting untuk mengatur keuangan agar kembali sehat, sekaligus terhindar dari kesulitan keuangan setelah Lebaran.

Mengatur keuangan tak hanya berkutat pada menghemat pengeluaran saja. Kamu bisa memilih pekerjaan paruh waktu untuk menambah pemasukan bulanan. Namun, kamu perlu mengatur pembagian waktu dengan baik agar tidak ada aktivitas lain yang terbengkalai. Daftar belanja bulanan ala anak kos ini juga bisa menghindarkan kamu dari barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan dan membuat pengeluaran membengkak. Sekecil apa pun pengeluaran harus masuk ke dalam buku catatan keuangan kamu. Tenang, sekarang sudah ada banyak aplikasi pencatatan keuangan yang bisa kamu dapatkan dengan gratis di smartphone.

Untuk melihat untung ruginya bisnis yang dijalankan, pastinya Anda harus membuat laporan keuangan terlebih dahulu mengenai pemasukan yang diterima maupun pengeluaran. Disiplin untuk lebih ketat mengikuti catatan keuangan yang sudah dibuat jadi hal yang penting. Sebagai konsekuensi dari gaya hidup konsumtif selama Lebaran, maka sesudahnya siap untuk lebih disiplin untuk mulai menyehatkan kondisi keuangan. Bukan berarti kamu berhenti belajar setelah lepas dari jenjang sekolah, malah kamu bisa mendapat pelajaran banyak ketika terjun langsung ke lapangan.

Tips mengatur keuangan

Kamu akan memiliki uang pensiun, uang liburan, dan bahkan uang untuk mewujudkan impian lainnya. Untuk itu perencanaan keuangan yang baik sangat berguna untuk masa depan. Semakin cepat kamu mengambil langkah untuk masa mendatang, maka akan lebih baik. Berikut suggestions Bola Online mengelola keuangan untuk masa mendatang yang bisa kamu terapkan.

Selalu catat setiap pembiayaan dan menyimpan bukti pembayaran, supaya ada bukti yang jelas bahwa kamu sudah melakukan pembayaran dan bisa membuktikan jika terjadi kesalahan. ORI018 memiliki kupon imbal hasil tetap sebesar 5,70 persen per tahun. Meski jatuh tempo dari surat berharga ini adalah tiga tahun, namun kamu bisa menjualnya di pasar sekunder jika kamu membutuhkan dana untuk kebutuhan mendesak. Mengingat ini adalah surat utang negara, maka keamanannya pun sudah dijamin. Tuliskan secara detail hal-hal yang menjadi tujuan kamu di jangka pendek maupun jangka panjang.

Hal ini akan membantu Anda merencanakan strategi bisnis, membuat kesempatan baru untuk investasi, menambah pendapatan potential bisnis serta memastikan kelangsungan hidup bisnis Anda. Apapun jenis Bisnis anda, pajak dapat menjadi tricky untuk siapapun. Akuntan professional juga dapat membantu Anda untuk menghindari membayar pajak secara berlebihan.

“Pandemi telah mendorong masyarakat untuk semakin fasih dalam menggunakan fitur-fitur keuangan digital agar mereka bisa beradaptasi di tengah perubahan. Cara menghemat uang yang bisa dilakukan berikutnya adalah melunasi tagihan atau utang yang dimiliki. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan sisa uang dari belanja rutin untuk melunasi tagihan atau utang yang dimiliki, naik tagihan kartu kredit maupun cicilan pinjaman lain yang masih menjadi beban Anda. Dengan mencatat, Anda akan mengetahui kebocoran-kebocoran yang sering kali luput dari perhatian, namun berdampak terhadap kondisi keuangan keluarga kita. Misalnya pengeluaran untuk parkir, naikojek online, uang jajan tambahan, dan sebagainya. Cara mengatur keuangan di masa sulit salah satunya adalah dengan menyiapkan dana khusus untuk asuransi.

Comments are closed.