Tim Mahasiswa Fbe Uii Juara Kompetisi Simulasi Bisnis

Written by Gunas on June 14, 2020 in Bagaimana menangani Covid dengan tepat with no comments.

Pasokan bahan pangan dan kebutuhan yang menurun mengakibatkan harga naik. Hal ini akan menimbulkan kelangkaan barang yang akhirnya akan memicu keresahan sosial. “Karena itu, saya optimis sekali, pandemi ini akan melahirkan banyak tren bisnis baru, asalkan para pelaku usaha mau beradaptasi dengan keadaan dunia yang baru,” terangnya. Meski mayoritas responden melakukan pemasaran secara on-line dan offline (63,40%), hal ini tetap tidak dapat memperbaiki kegiatan usaha yang ada. Hal ini terjadi karena efek pandemi yang menyeluruh dan mengakibatkan menurunnya daya beli konsumen. Misalnya kamu suka menulis, maka kamu dapat mencari pekerjaan sampingan seperti copywriter atau penulis lepas.

Penyebaran Virus Corona yang semakin agresif membuat Anda perlu berpikir dua kali untuk mengunjungi gudang usaha secara langsung. Langkah alternatif yang perlu dilakukan adalah memeriksa standing persediaan barang secara berkala melalui jarak jauh. Tidak hanya itu, membuat rencana anggaran biaya terbilang sangat penting dalam bisnis untuk mengkalkulasikan seluruh anggaran yang akan dilakukan dalam business plan di periode selanjutnya. Tanpa adanya rencana yang jelas, pengusaha akan merasa kesulitan untuk menentukan biaya modal yang akan digelontorkan dan target pendapatan yang ingin dicapai. Rencana anggaran biaya dalam bisnis adalah sebuah define yang sengaja dibuat untuk mengorganisir bisnis mereka sesuai dengan price range atau pengeluaran yang diperlukan.

Jika sudah bisa merekrut karyawan, tidak ada salahnya untuk membuka counter dan lain sebagainya sebagai sarana mengembangkan usaha menjadi lebih baik dan lebih banyak dibandingkan dengan sebelumnya. Orang tidak lagi membaca koran, melainkan mencari informasi lewat dalam jaringan. Bahkan, sekarang ini banyak perusahaan yang bekerjasama dengan Influencer, sehingga belanja iklan banyak yang tersedot ke digital. Kediri – Motivator sekaligus pengusaha Helmy Yahya membagikan ideas peluang usaha di masa pandemi COVID-19 yang dinilai masih cukup bagus. Lebih lanjut, Syarif Hidayat juga mengatakan bahwa bisnis kos eksklusif memiliki masa depan cerah, sebab permintaan pasar juga semakin meningkat.

Karena kecenderungan orang sulit untuk mengeluarkan uang lebih saat pandemi, orang-orang akan bekerjasama untuk membeli barang tertentu untuk mendapatkan potongan harga. Kalau kamu jago desain, maka ini saatnya membuka jasa desain grafis dari rumah. Tentunya modal yang dibutuhkan adalah laptop computer atau PC dengan spesifikasi yang mumpuni untuk desain. Selanjutnya, untuk menjaring klien, kamu bisa memasang brosur lewat Internet atau memanfaatkan akun pribadi seperti Twitter atau Instagram. Bisnis rumahan makanan penutup selalu menjadi ide menarik dan tidak akan pernah salah untuk dijadikan salah satu ide bisnis saat pandemi ini karena peminat dari makanan penutup cukuplah banyak.

Apalagi ketika teman-teman kamu belajar di rumah, tentu membutuhkan web untuk mencari bahan perkuliahan dan berkomunikasi dengan dosen. Bisnis frozen meals saat ini tengah populer digeluti masyarakat, karena mudah dijalankan bisnis rumahan ini dapat dan menuai keuntungan yang fantastis. Menurut Sandiaga, saat ini semakin banyak orang peduli akan gaya hidup sehat. “Sekarang tren bersepeda cukup diminati masyarakat, sehingga semakin banyak orang menggunakan sepeda ketimbang naik kendaraan umum. Ini menunjukan, masyarakat ingin hidup sehat,” jelasnya.

Bisnis mahasiswa saat corona

Tentukan harga sesuai kebutuhan konsumen saat ini, karena sedang pandemi, banyak masyarakat yang tidak bekerja. Maka, lebih baik beri harga yang relatif terjangkau tetapi barang atau jasa yang ditawarkan juga memuaskan. Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk bisa menghasilkan uang dari rumah saat wabah adalah dengan menjual barang-barang bekasmu secara online. Cara ini bisa kamu lakukan jika memang ada kebutuhan yang mendesak atau memang kamu memiliki barang-barang yang masih bagus namun sudah tidak kamu gunakan lagi.

Berbagai inovasi terus dilakukan sehingga bisnis yang dijalankan bisa tetap survive dan bertahan di tengah krisis Covid-19 ini. Yuswohady, Managing Partner Inventure dalam laporannya menyebutkan sedikitnya terdapat 50 inovasi yang dilakukan perusahaan untuk bertahan bahkan menyalip para pesaingnya di tengah krisis. Pebisnis ikan cupang dari Kediri, Agus Torif Yusuf mengaku bisnisnya justru melejit saat pandemi. Dalam sebulan, ikan cupang milik Agus justru mengalami lonjakan permintaan dari dalam maupun luar negeri. Pengusaha muda yang juga politisi Gerindra, Sandiaga Uno, meminta masyarakat jangan menyerah.

Dan hal tersebut tentunya dapat dimanfaatkan sebagai inovasi untuk mengembangkan bisnis akan semakin besar. Upaya mengatasi penyebaran Corona juga sudah gencar dilakukan oleh pemerintah, mulai dari menerapkan Physical Distancing dan kini telah ditingkatkan menjadi PSBB . Kebijakan tersebut meningkatkan resiko sektor industri menghadapi gangguan signifikan dari sisi rantai pasok, tenaga kerja, kesinambungan bisnis hingga arus kas usaha mereka. Menjalani hobi yang menghasilkan uang bisa jadi alternatif pekerjaan selama pandemi corona.

Comments are closed.