8 Ide Usaha Kerja Sampingan Paling Mudah Untuk Pelajar & Mahasiswa

Written by Gunas on April 21, 2021 in LIP with no comments.

Saat ini pelajar dan mahasiswa pun sudah bisa membuka sampingan dengan jualan online. Minimal melalui media Whatssapp kamu bisa curi-curi kesempatan untuk mengunggah produk yang ingin kamu jual. Ada banyak cara yang bisa kamu pilih untuk menjadi penjual online, seperti dropshipper, reseller, dan sejenisnya. Di tengah pandemi Covid-19, mahasiswa dituntut kreatif mencari dana tambahan untuk uang saku. Ternyata, ada banyak ide bisnis unik mahasiswa yang mudah diikuti untuk menambah kocek kamu.

Kalau Anda bisa lebih berpikir lebih kreatif ini tidak akan jadi masalah, bahkan Anda tidak perlu menyisihkan uang saku untuk modal usaha. Caranya Anda bisa mulai dengan bisnis kecil-kecilan terlebih dahulu. Contohnya menawarkan jasa print atau foto copy ke teman-teman seangkatan Anda. Anda bisa menyiasatinya dengan mencari tempat fotocopy atau print yan lebih murah, maka Anda bisa mengambil keuntungan lebih banyak.

Di kota saya tempat saya kuliah dari zaman dulu sampai sekarang sedang ngetrend yang namanya membangun brand sendiri. Kekurangan usaha ini adalah rawan hutang yang dilakukan pembeli yang berasal dari orang dekat. Akibatnya modal Anda tidak bisa berputar dan keuntungan sulit diraih. Namun, terjun dalam usaha ini Anda harus paham tentang dunia motor. Anda bisa membeli motor bekas harga terjangkau dengan kondisi bagus untuk selanjutnya menjualnya kembali pada orang lain yang membutuhkan motor tersebut. Namun, usaha titip beli tidak harus selalu untuk barang dari luar negeri.

Usaha yang cocok bagi mahasiswa

Jangan lupa juga untuk berjejaring dengan para pebisnis yang berpengalaman untuk menjadi mentormu, mereka pasti mau berbagi kiat-kiat suksesnya padamu. Bimbingan-bimbingan seperti ini akan membuatmu mengerti risiko dan peluang bisnis. Memulai usaha sejak kamu masih duduk di bangku kuliah justru memberikan banyak keuntungan. Kamu bisa berdiskusi dengan dosenmu untuk membantu mengembangkan bisnismu atau mencari tim bisnis dari kelompok kuliahmu. Selain itu, menumbuhkan bisnis kecil-kecilan saat kuliah dapat membantumu memiliki pekerjaan pasti setelah lulus nanti.

Padahal mahasiswa dapat membagi waktunya, antara kuliah dan mengurusi usaha sampingannya. Oleh sebab itu, mahasiswa memerlukan ideas menjalankan usaha sampingan. Salah satu ideas usaha sambil kuliah adalah dengan memanfaatkan kemampuan yang dimiliki. Bisa menjadi seorang net designer, menjadi penulis, fotographer, berjualan on-line atau yang lainnya. Semua usaha seperti itu mulai banyak dilakukan karena biasanya membutuhkan modal yang kecil. Jualan produk makanan dan minuman jadi peluang usaha tokcer buat mahasiswa.

Bila memiliki modal yang lebih besar kamu bisa membuka cafe kecil di tempat berkumpulnya banyak anak muda. Jika kamu menekuni ide bisnis mahasiswa yang satu ini, bukan tidak mungkin penghasilanmu nantinya bisa sama atau bahkan lebih dari pekerja kantoran. Langkah pertama yang dapat kamu lakukan untuk memulai ide bisnis mahasiswa yang satu ini adalah dengan menentukan goal Slot Game Online market. Anda dapat memanfaatkan jangkauan YouTube untuk menghasilkan uang secara on-line .

Comments are closed.