Seminar Kewirausahaan

Written by Gunas on July 1, 2020 in Bagaimana menangani Covid dengan tepat with no comments.

Tidak ada usaha yang berhasil dari seorang pengusaha yang kurang maksimal dalam berbisnis. Jadi mumpung jadi mahasiswa, konsistensi bisa dipupuk sedini mungkin dan akan memberikan hasil yang tidak mengecewakan. Jika kamu mulai berbisnis, kamu tidak lagi memiliki pekerjaan wajib dan tanggung jawab yang jelas. Berbeda dengan menjadi karyawan yang harus terikat masuk kantor dan jam kerja. Wahyu selaku Ketua Panitia berharap agar terselenggaranya seminar ini dapat memotivasi generasi muda untuk berwirausaha.

Membuka tempat kopi memang membutuhkan modal yang lumayan oleh karena itulah Anda bisa memulainya dari berjualan kopi instan terlebih dahulu. Kreasikanlah kopi instan Anda agar menjadi lebih menarik dan disukai oleh orang. Kebetulan semua bisnis tadi bisa disesuaikan dengan modal yang kamu miliki, jadi kamu nggak perlu menyiapkan modal terlalu besar. Soal pengiriman bahan-bahan yang kamu butuhkan, coba deh untuk gunakan Anteraja.

Inilah alasan pentingnya untuk menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa. Ratri menuturkan, dua hal utama yang berpengaruh pada kesuksesan usaha yaitu branding dan selling. Branding ialah upaya untuk membangun citra positif merek atau produk yang dijual agar lebih dikenal masyarakat.

Dengan hal sederhana tersebut Anda akan bisa meyakinkan orang lain bahwa Anda merupakan seseorang yang berkualitas. Tidak hanya itu saja, seseorang yang pernah memulai bisnis umumnya pernah merasakan kegagalan dan akan membentuk diri yang jauh lebih mandiri dan dewasa. Ada banyak sekali makanan instan yang cukup populer di Indonesia, seperti mie instan dari Korea Selatan atau makanan ringan dari luar negeri yang cukup populer. Nah kamu bisa banget menjadi reseller produk-produk tadi, karena pasti banyak yang orang yang minat, apalagi jika produk-produk tersebut cukup susah didapatkan di Indonesia. Namun kamu perlu memperhatikan cara impor yang sesuai dengan hukum yang telah ditentukan, agar kamu tidak terkendala pajak dan sebagainya. Jangan pernah takut untuk melakukan inovasi terhadap bisnis kamu, agar bisnis kamu selalu bisa mengikuti tren.

Cara ini lumrah digunakan pada usaha yang membutuhkan produksi skala besar seperti katering acara atau jasa sablon dan percetakan. Jika Anda belum punya pekerjaan dan masih mendapat uang bulanan dari orang tua, tabunglah sebagian uang tersebut. Sisihkan 10 hingga 20 persen uang bulanan untuk tabungan usaha Anda. Jika memungkinkan, pisah tabungan modal usaha dari rekening pribadi.

Tetapi jika kamu menambahkan sesuatu yang membedakanmu dari yang lain, itu bisa menjadi suatu nilai plus. Atau kamu bisa mencoba dengan memberikan sistem diskon atau layanan lainnya yang dapat memanjakan pelangganmu. Sejumlah rencana dan juga ide yang bisnis yang cemerlang mungkin telah kamu miliki sejak lama. Namun, bukan berarti semua itu adalah rencana yang tepat dan bisa mendatangkan keuntungan. Penting bagimu untuk membuat dan mengatur segala sesuatunya yang terkait dengan bisnis tersebut di dalam sebuah proposal bisnis. Misalnya, berinteraksi langsung saat pelanggan membayar di meja kasir, menjual tempat dengan memberikan rasa nyaman sehingga pelanggan betah nongkrong berlama-lama, menawarkan refill minum gratis, dan seterusnya.

Langkah-langkah mahasiswa memulai wirausaha

Anda memiliki visi, dan Anda memiliki cukup kenyakinan dalam diri Anda untuk percaya bahwa Anda dapat mencapai visi Anda. Untuk mencapai visi Anda, Anda harus memiliki tujuan konkrit yang akan memberikan batu loncatan menuju visi utama Anda. Memang untuk memulai segala sesuatu pastinya akan terasa berat, enggan, ataupun canggung, tetapi seiring sejalan lambat laun akan terasa sesuatu hal yang berbeda dari kehidupan sebelumnya. Akan terasa menyenangkan apabila Anda dapat lebih merasakan manfaat dan keuntungannya dari kegiatan berwirausaha tersebut. Untuk menarik pelanggan dan membuatnya loyal dengan tokomu, buatlah konten-konten menarik dan berkualitas.

Kegiatan bisnis ini biasanya dilakukan dengan berbagai latar belakang, seperti tuntutan ekonomi, hasrat untuk memiliki bisnis sendiri, hingga kebutuhan untuk mengisi waktu luang. Yang perlu dipelajari adalah langkah – langkah apa yang perlu dilakukan sehingga bisa menemukan peluang usaha, yang tidak hanya menjanjikan, tetapi sesuai dengan minat dan kemampuan kita mengeksekusinya. Materi yang terdapat pada presentasi yang diberikan kepada warga adalah cara membuat sebuah marketing strategy yang baik sebelum memulai sebuah usaha atau bahkansaat menjalankan usaha tersebut. Hal tersebut mencakup isi yang baik dan benar dari sebuah marketing strategy serta space yang harus diperhatikan pada saat membuat marketing strategy seperti strategi pemasaran dan analisa keuangan untuk masa depan usaha.

Saat ini ada banyak bisnis waralaba yang membutuhkan modal di bawah 10 juta. Peluang ini bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk membuat usaha sampingan. Waralaba sudah memiliki standar produk dan pelayanan sendiri sehingga tidak perlu repot-repot untuk memikirkan desain produknya. Namun perlu jeli juga untuk mencari jenis waralaba yang memang cocok untuk goal pasar yang tersedia. Selain usaha dalam bentuk jasa yang bahkan tanpa modal uang, mahasiswa juga bisa membuka usaha dengan modal uang walaupun tidak perlu terlalu besar. Usaha ini bisa menggunakan modal yang dipinjam dari keluarga atau modal patungan dari beberapa orang.

Comments are closed.