Trik Agar Anak Mau Belajar Menabung Sejak Dini

Written by Gunas on May 10, 2020 in Dunia - dunia bisnis with no comments.

Negara Indonesia sendiri memiliki kesenjangan ekonomi yang terbilang cukup tinggi, menyebabkan pertumbuhan ekonomi tidak dapat dinikmati seluruh masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan banyak masyarakat kelas menengah hanya menabung saja dan tidak melakukan menyalurkan uangnya di beberapa instrumen investasi lainnya. Sedangkan, masyarakat kelas atas sudah mulai mengembangkan dana di instrumen investasi lain yang dapat menjanjikan imbal hasil lebih besar dibandingkan hanya dengan menabung.

Keadaan yang mendesak seperti sakit yang membutuhkan perawatan, namun tidak memiliki ketersediaan dana salah satu jalannya dengan berhutang. Dalam perkembangan saat ini, terdapat beberapa jenis tabungan yang tidak lagi menggunakan buku tabungan melainkan internet atau mobile banking. Kegiatan menabung juga sudah banyak dilakukan dengan cara menyimpan di rumah, seperti di bawah bantal, di bawah tempat tidur, bahkan di tiang rumah yang terbuat dari kayu.

Nah, dengan cara mengumpulkan upah karena membantu orangtua, anak bisa sembari diajarkan berusaha sambil menabung untuk menggapai keinginannya. Umumnya mulai anak usia balita sudah mulai meniru apa yang orangtuanya lakukan. Ini bisa menjadi trik tersembunyi agar anak mau menyisihkan uangnya. Menurut Parents, anak kecil sudah bisa diajarkan untuk mulai punya tabungan di usia 3 tahun karena di usia ini anak sudah tahu dan mengerti apa itu uang. Menurutnya, program Simpel ini akan segera disosialisasikan ke sekolah-sekolah, agar para siwa sadar betul akan pentingnya menabung di usia dini.

Pentignnya menabung, dan menyimpan uang

Zaman dulu, orang hanya menyimpan uang di sebuah kotak atau celengan di dalam rumah. Kemudian, ketika masuk zaman industri atau zaman trendy, akhirnya manusia mulai berpikir untuk memiliki pola baru dalam menyimpan uang di sebuah institusi yang bernama perbankan. Misalnya tabungan khusus dana darurat di financial institution BUMN A, tabungan buat DP rumah di bank asing B, dan tabungan haji disimpan di financial institution syariah C.

Padahal di usia yang muda seharusnya Anda memanfaatkan waktu untuk berinvestasi lebih agresif agar bisa mendapatkam imbal hasil yang optimum di masa depan. Banyak orang berpikir bahwa menabung bukanlah prioritas karena penghasilan yang masih sangat rendah saat ini. Pernahkah berpikir untuk berhenti jadi karyawan lalu membangun bisnis yang diimpikan? Ya Bekerja sendiri, memiliki banyak rencana, tabungan dan hal lainnya bukanlah hal yang mustahil jika bisa merencanakan keuangan sedari dini. Itu selalu baik untuk merencanakan tabungan dan investasi Anda sedemikian rupa sehingga dana menjadi matang pada waktu yang tepat. Manfaat menabung untuk anak sejak dini berikutnya adalah bertujuan untuk mengajarkan bagaimana anak, kelak dapat memberikan keputusan yang paling bijak.

Alasanya, karena uang saku yang didapatkan tidak selalu dihabiskan untuk jajan saja, tapi kita juga bisa menghematnya untuk ditabung. Misalnya, kita mendapat uang saku sebesar Rp10.000, maka uang saku bisa dibagi dua, yaitu Rp5.000 untuk ditabung, lalu sisanya untuk jajan. Ada sebagian uang saku yang harus ditabung, sedangkan sisanya digunakan untuk jajan.

Karena anda sudah memiliki simpanan jika sesuatu ketika terjadi hal yang tidak diinginkan maka anda tidak sampai melakukan kegiatan hutang. Anda bisa menggunakan Situs Slot Judi Online Resmi di Indonesia uang simpanan yang telah anda tabung untuk kegiatan penting. Kamu dapat mengoleksi uang receh terbitan beberapa tahun silam yang sudah jarang beredar.

Comments are closed.